GAMER


Jumat, 28 Februari 2014

MASAMUNE DATE

Hai gamers, kali ini saya ingin berbagi tentang salah satu avatar game sekaligus pejuang Jepang nih. Ya, Masamune Date. Siapa gamer yang tidak tahu tentang Masamune Date dikehidupan nyata? Gamer kali ini harus tahu bagaimana sejarah hidupnya, selain hanya memainkannya di game Warriors. Terus baca ke bawah yaa......



Date Masamune (伊達 政宗) adalah samurai Jepang dari periode Azuchi-Momoyama dan awal periode Edo. Masamune merupakan ahli taktik yang baik. Date Masamune merupakan anak tertua dari Date Terumune, lahir di Kastil Yonezawa (di Prefektur Yamagata modern) pada tanggal 5 September 1567 dan meninggal 27 Juni 1636 pada umur 68 tahun. Pada usia nya yang belia tahun 1581, Masamune memimpin kampanye pertama, membantu ayahnya melawan keluarga Soma. Pada usia nya yang ke 18, Masamune menggantikan ayahnya yang pensiun dari jabatan sebagai daimyo.


Pasukan Date Masamune dikenali dengan baju besi hitam dan tutup kepala emas. Kalau dilihat dari avatar game yang biasa dimainkan para gamer, Date Masamune memiliki ciri khas dengan tutup kepala emas berbentuk melintang seperti bulan sabit, dan dengan senjata api dan samurai. Karena helm bantalan bulan sabitnya lah membuat Masamune memiliki reputasi yang menakutkan. Namun dibalik kegagahannya Masamune juga seorang anak yang mengalami cacar, dan cacar tersebut merampas pandangan dimata kanannya. Menurut laporan penelitian, mata kanannya mempertahankan beberapa organ. Ada juga gambar kayu Masamune di Zuiganji-kuil, Matsushima, dibuat pada tahun 1652 pada instruksi istrinya Megohime nya. Patung ini memiliki mata kanan, meskipun lebih kecil dari satu kirinya. Beberapa sumber mengatakan ia mencungkil matanya sendiri ketika seorang anggota senior dari klan menunjukkan bahwa musuh bisa mengambilnya dalam perkelahian. Yang lain mengatakan bahwa pengikutnya yang terpercaya Katakura Kojūrō mencungkil mata bagian kanannya. Karena matanya hilang, ibunya sendiri dikutuk dia sebagai tidak layak untuk mengambil alih sebagai pemimpin klan dan mulai mendukung adiknya sebagai pewaris Keinosuke Nagaoka,'Date Masamune.

Tokoh penting pada masa sengoku ini memiliki seorang istri yang bernama Megohime, serta 8 orang anak. Masamune Date merupakan daimyo yang agresif dan ambisius, merupakan pelayan Toyotomi Hideyoshi, setelah melayani Hideyoshi untuk sementara waktu Masamune diberi Iwatesawa istana dan tanah di sekitarnya sebagai domain rumahnya. Ia dan keluarga nya pun pindah kesana pada tahun 1591. Masamune membangun kastil dan diberi nama Iwadeyama, dan membuat kota berkembang. Namun tak lama setelah kematian Hideyoshi, Masamune beralih mendukung Tokugawa Leyasu.  Pada 1604, Masamune, disertai 52.000 pengikut dan keluarga mereka, pindah ke apa yang kemudian desa nelayan kecil Sendai. Dia meninggalkan anak keempat, Tanggal Muneyasu, untuk memerintah Iwadeyama. Masamune akan berubah Sendai menjadi kota besar dan makmur.
 Masamune mengembangkan perdagangan di daerah Tōhoku yang terpencil. Meskipun mulanya menghadapi tantangan dari klan-klan yang bermusuhan, ia berhasil mengalahkan mereka, setelah beberapa kali mengalami kekalahan. Akhirnya ia menguasai seluruh Domain Sendai, salah satu fiefdom terbesar di masa depan dalam periode Tokugawa shogunate. Ia membangun banyak istana dan bekerja dalam banyak proyek untuk mempercantik daerah tersebut. Ia juga dikenal menghimbau orang-orang asing untuk datang ke tanahnya. 
Masamune juga daimyo yang mengizinkan pedagang kristen di Jepang yang mengabari tentang Injil. Namun tak lama dari itu Tokugawa Leyasu menyatakan bahwa kekristen tidak sah. Akhirnya Masamune mau tidak mau harus menuruti peraturan tuannya. Selain kepribadiannya sebagai daimyo pelindung budaya dan kekristenan, Masamune memiliki prestasi yang lebih membanggakan lagi. Ia membiayai salah satu perjalanan Jepang yang tidak banyak jumlahnya, untuk membina hubungan diplomatik dan eksplorasi, pada periode ini. Ia memerintahkan pembuatan kapal eksplorasi Date Maru atau San Juan Bautista.  Ia mengirimkan salah satu anak buahnya, Hasekura Tsunenaga, Sotelo, dan rombongan duta berjumlah 180 orang, melakukan perjalanan yang sukses dalam membina hubungan dengan Paus di Roma. Ekspedisi ini juga mengunjungi negara-negara lain seperti Filipina, Meksiko, dan Spayol, merupakan pelayaran pertama Jepang mengelilingi dunia. Mengapa dibanggakan?Ya tentu harus dibanggakan, karena tuan-tuan tanah di Jepang tidak pernah mau membiayai pelayaran semacam ini, sehingga mungkin ini pertama kalinya keberhasilan yang besar berkat Masamune.
Berikut saya akan menyajikan silsilah keluarga dari Date Masamune :

Silsilah keluarga

  • Ayah
    • Date Terumune
  • Ibu
    • Yoshihime, anak Perempuan dari Mogami Yoshimori seorang Daimyo Provinsi Dewa
  • Istri
    • Megohime, anak perempuan dari Tamura Kiyoaki
  • Anak Kandung
    • Date Hidemune (1591–1658)
    • Date Tadamune (1599–1658)
    • Date Munekatsu (1621–1679)
    • Date Munekiyo (1600–1634)
    • Date Munetsuna (1603–1618)
    • Date Munetaka (1607–1626)
    • Date Munesane (1613–1665)
    • Irohahime (1594–1661)
  • Sepupu
    • Date Shigezane (1568–1646)

    Jadi, seorang Masamune Date yang mungkin menjadi jagoan avatar para gamer di game Warriors di kehidupan nyata nya lebih hebat dan berhasil menciptakan suasana yang baru dan amat bermanfaat bagi penduduk Jepang.



1 komentar: